Rabu, 28 November 2012

JUDUL PTK DAN ABSTRAK


JUDUL
Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Kepil Tahun Pelajaran 2012/2013
ABTRAK
Manusia memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa.Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share berpengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 2 Kepil. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Think-Pair-Share dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Kepil, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative ilmu pengetahuan sosial.


















TITLE

Improving Learning Achievement in Social Studies Through Cooperative Learning Model of Think-Pair-Share In Grade VI Elementary School 2 Kepil Academic Year 2012/2013

ABSTRACT
Humans have a degree of potency, historical background and future expectations are different. Because of the differences, people can penance teaser (mutual intellectual). Cooperative learning to consciously create successive interactions teaser, so the source of learning for teachers and students not only textbooks but also fellow siswa.Penelitian is based on problems: (a) Is cooperative learning model of Think-Pair-Share effect on learning outcomes of social science ? (b) How high is the level of mastery of the subject matter of social science with the implementation of cooperative learning model of Think-Pair-Share? The purpose of this study was: (a) To reveal the effect of cooperative learning model of Think-Pair-Share the learning outcomes of social science. (b) Want to know how much understanding and mastery of the subjects of Social Sciences after the implementation of cooperative learning model of Think-Pair-Share. This study uses action research (action research) as many as three rounds. Each round consists of four phases: design, events and observations, reflections, and refisi. Objectives of this study were students of Grade VI Elementary School 2 Kepil. Data obtained in the form of formative test results, observation sheet teaching and learning activities. From the results obtained analysts that student achievement increased from the first cycle through the third cycle, the first cycle (60.71%), cycle II (75.00%), cycle III (89.29%). Conclusions from this research is a model of cooperative method of Think-Pair-Share can be a positive influence on students' motivation Elementary School sixth grade 2 Kepil and learning model can be used as one of the alternative social science.

0 komentar:

Posting Komentar